PERAN MITOS SEBAGAI PROMOSI WISATA CANDI BAJANG RATU DI KABUPATEN MOJOKERTO

Aulia Zahra Fadhila, Eggy Fajar Andalas

Abstract


Berkembangnya mitos yang ada di Candi Bajang Ratu sampai saat ini masih memiliki peran
tersendiri bagi masyarakat. Hal tersebut dikarenakan banyaknya masyarakat yang
mempercayai kebenaran mitos yang sampai saat ini masih ada di Candi Bajang Ratu. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran mitos sebaga
i promosi wisata Candi
Bajang Ratu. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan
etnografi. Penelitian dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa
terdapat empat mitos yang masih berkembang di Candi
Bajang Ratu memiliki peran tersendiri sebagai
promosi wisata bagi sebagian besar
pengunjung
yang datang, serta terdapat pengunjung yang mempercayai mitos di Candi
Bajang Ratu
dengan melakukan setiap tradisi yang terkait pada mitos tersebut.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2018). Analisis Hubungan Antara Bangunan Bersejarah, Mitos, Budaya Masyarakat Lokal dengan Motivasi Wisatawan Berkunjung di Daya Tarik Wisata Tamansari Yogyakarta. 1(1), 10–18.

Andalas, E. F. (2017). Dampak Dan Fungsi Sosial Mitos Mbah Bajing Bagi Kehidupan Spiritual Masyarakat Dusun Kecopokan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jurnal Puitika, 13(1), 20–31.

Anggito, A. (2018). Metedologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak. https://books.google.co.id/books?id=59V8DwAAQBAJ&lpg=PP1&ots=5HbwrvftDu&dq=Anggito%2C A. (2018).&lr&hl=id&pg=PP1#v=onepage&q=Anggito, A. (2018).&f=false

Artawan, Gde. (2020). Aku Cinta Lovina: Peran Sastra dalam Mempromosikan Pariwisata Bali. JUMPA, 7, 241–256.

Cahyanti, Ika. (2017). Mitos dalam Ritual Ruwatan Masyarakat Madura di Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo. Jurnal Edukasi, 4(1), 13. https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i1.5084

Hoppen, A., Brown, L., & Fyall, A. (2014). Literary tourism: Opportunities and challenges for the marketing and branding of destinations. Journal of Destination Marketing and Management, 3(1), 37–47. https://doi.org/10.1016/j.jdmm.2013.12.009

Ilham, Laitul. (2020). Implikasi Mitos Sendang Seliran Terhadap Perilaku Prososial Masyarakat Kotagede Yogyakarta. 12(13), 211–226.

Khosiah, N., & Muhammad, D. H. (2019). Fenomena Mitos Yang Berkembang Di Masyarakat Post Modern Perspektif Islam. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 3(2), 222–235. https://doi.org/10.52266/tadjid.v3i2.297

Kurniansah, Rizal. (2018). Ketersediaan Akomodasi Pariwisata dalam Mendukung Pariwisata Perkotaan (Urban Taurism) Sebagai Daya Tarik Wisata Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat. Bina Wakya 39, 1(1), 39–44. http://ejurnal.binawakya.or.id/index.php/JBW

Kurniati, Dida. (2017). Konstruksi Sosial Mayarakat Terhadap Mitos dan Tabu Gedong Peteng. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Lukitasari, Rimalinda. (2021). Potensi Novel Cintaku di Lembata Karya Sari Narulita sebagai Media Promosi Pariwisata Lembata-NTT. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 7, 460–483.

Mantu, Y. H. (2019). Studi Leteratur : Pariwisata Sebagai Ilmu Pengetahuan,Disiplin Ilmu Atau Kajian. Journal of Tourism Geography, 6(2).

Maulinda, Rerin. (2020). Nilai Mistis dan Mitos yang Terkandung dalam Novel KKN di Desa Penari karya Simplemen. JUrnal Metamorfosa, 8(2), 294–305.

Mubarok, Zaky. (2021). Upaya pendokumentasian dan kajian ekokritik pada dongeng dan mitos di rangkasbitung. 5, 253–262.

Ndraha, D. B. (2019). Mitos Gunung Padang Menurut Perspektif Masyarakat Lokan dan Efeknya Pada Kekuatan Atraksi Wisata.

Priatmoko, Setiawan. (2019). Perencanaan Pengembangan Destinasi Wisata Menggunakan Analisis MSP+ DM. Pariwisata Dan Budaya, 10.

Putra, I. Nyoman. Darma. (2018). Wisata Gastronomi Ubud, Gianyar (Pertama). Cakra Media Utama.

Putra, I. Nyoman. Darma. (2019). Literary Tourism: Kajian Sastra Dengan Pendekatan Pariwisata. Nuansa Bahasa Citra Sastra, 161–180.

Reza, Jefrika. (2020). Gambaran Pariwisata di Kota Padang dalam Novel Sitti Nurbaya Karya Marah Rusli dan Pengaruh Sitti Nurbaya Terhadap Perkembangan Pariwisata Kota Pada Masa Kini. Andalas.

Sahida, L. O. M., Sifatu, W. O., & Janu, L. (2018). Persepsi Masyarakat terhadap Air Matakidi (Studi di Desa Mata Kidi Kecamatan Lawa). Etnoreflika, 7(1), 41–48.

Viora, Dwi. (2017). Sejarah, Mitos, Dan Parodi Dalam Penciptaan Karya Sastra Modern Indonesia Warna Lokal. Jurnal Basicedu, 1(2), 66–75. https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i2.167




DOI: https://doi.org/10.25077/majis.3.2.64.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.