NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TRADISI LISAN PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH KELUTAN
Abstract
Tradisi lisan merupakan tradisi sastra yang mencakup ekspresi kesustraan warga suatu kebudayaan yang disebarkan dan diturunkan secara lisan dari mulut ke mulut. Karena tradisi lisan merupakan ekspresi lisan sebuah komunitas budaya suatu masyarakat bersifat pluralitas, maka wujud, bentuk, tema, dan fungsi berbeda. Salah satu fungsi tradisi lisan adalah sebagai sarana internalisasi nilai pendidikan karakter. Berdasarkan dengan pengertian tersebut peneliti mengambil judul pendidikan karakter dalam tradisi lisan pondok pesantren Darunnajah Kelutan. Khususnya nilai pendidikan karakter relegius dan kerja keras.Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. berupa uraian hasil analisis dari berbagai tradisi lisan. Peneliti bertindak sebagai pengamat penuh dan instrumen utama. Metode pengumpulan menggunakan interview, observasi, dokumentasi. Adapun langkah-langkah analisi data yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada tradisi lisan pondok pesantren Darunnajah Kelutan nilai pendidikan karakter segi relegius yaitu patuh, penghormatan, sabar, rendah hati dan pendidikan karakter kerja keras yaitu semangat, Rasa ingin tahu
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Dhofier, Zamakhyari. 2011. Tradisi Pesantren:studi pandagan hidup kyai dan visinya masa depan indonesia. Jakarta: LP3ES
Moleong, Lexi J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosyadakarya.
As’ad, Ali. 2007. Terjemah Ta’limul Muta’alim Bimbingan Bagi Penuntut Imu Pengetahuan. Kudus: Menara Kudus.
Anas salahudin dan Irwanto Alkrienciehie. Pendidikan karakter berbasis agama dan budaya bangsa.Bandung:Pustaka setia
Ary, Wibowo. 2015.Metodologi Kajian Tradisi Lisan. (Pudentia MPSS). Jakarta: Yayasan pustaka obor indonesia.
STKIP PGRI Trenggalek. 2021. Pedoman penyusunan proposal dan skripsiprogram sarjana. Trenggalek: STKIP PGRI Trenggalek.
DOI: https://doi.org/10.25077/majis.3.2.62.2021
Refbacks
- There are currently no refbacks.