NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TRADISI LISAN PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH KELUTAN

Doni Yulianto

Abstract


Tradisi lisan merupakan tradisi sastra yang mencakup ekspresi kesustraan warga suatu kebudayaan yang disebarkan dan diturunkan secara lisan dari mulut ke mulut. Karena tradisi lisan merupakan ekspresi lisan sebuah komunitas budaya suatu masyarakat bersifat pluralitas, maka wujud, bentuk, tema, dan fungsi berbeda. Salah satu fungsi tradisi lisan adalah sebagai sarana internalisasi nilai pendidikan karakter. Berdasarkan dengan pengertian tersebut peneliti mengambil judul pendidikan karakter dalam tradisi lisan pondok pesantren Darunnajah Kelutan. Khususnya nilai pendidikan karakter relegius dan kerja keras.Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. berupa uraian hasil analisis dari berbagai tradisi lisan. Peneliti bertindak sebagai pengamat penuh dan instrumen utama. Metode pengumpulan menggunakan interview, observasi, dokumentasi. Adapun langkah-langkah analisi data yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada tradisi lisan pondok pesantren Darunnajah Kelutan nilai pendidikan karakter segi relegius yaitu patuh, penghormatan, sabar, rendah hati dan pendidikan karakter kerja keras yaitu semangat, Rasa ingin tahu


Keywords


tradisi lisan; pendidikan karakter; tradisi lisan pondok pesantren

Full Text:

PDF

References


Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Dhofier, Zamakhyari. 2011. Tradisi Pesantren:studi pandagan hidup kyai dan visinya masa depan indonesia. Jakarta: LP3ES

Moleong, Lexi J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosyadakarya.

As’ad, Ali. 2007. Terjemah Ta’limul Muta’alim Bimbingan Bagi Penuntut Imu Pengetahuan. Kudus: Menara Kudus.

Anas salahudin dan Irwanto Alkrienciehie. Pendidikan karakter berbasis agama dan budaya bangsa.Bandung:Pustaka setia

Ary, Wibowo. 2015.Metodologi Kajian Tradisi Lisan. (Pudentia MPSS). Jakarta: Yayasan pustaka obor indonesia.

STKIP PGRI Trenggalek. 2021. Pedoman penyusunan proposal dan skripsiprogram sarjana. Trenggalek: STKIP PGRI Trenggalek.




DOI: https://doi.org/10.25077/majis.3.2.62.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.