Fungsi Praktik Mantra Pengobatan Di Desa Bukit Kemang, Kecamatan Tanah Tumbuh, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi

Mery sandri, Novi Siti Kussuji Indrastuti

Abstract


Penelitian ini mengkaji fungsi mantra pengobatan yang ada di desa Bukit Kemang, kecamatan Tanah Tumbuh, kabupaten Bungo, rovinsi Jambi. Mantra pengobatan yang ada di desa Bukit Kemang memiliki praktik khusus dalam pelaksanaannya yang berbeda dari daerah-daerah lain yang ada di kecamatan Tanah Tumbuh. Ada banyak macam mantra pengobatan di desa Bukit Kemang, seperti mantra pengobatan demam, mantra pengobatan sakit perut gembung, dan mantra pengobatan ketulangan ikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, dengan menjabarkan hasil analisis yang berfokus pada fungsi dari mantra yang menjadi objek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fungsi mantra pengobatan yang ada di desa Bukit Kemang memiliki ragam fungsi sesuai dengan mantra yang digunakan, dan proses dalam mendapatkan mantra tersebut dilakukan secara turun termurun dari sang guru sebagai tradisi lisan.


Keywords


Sastra lisan, jambi, fungsi, mantra pengobatan, foklore

Full Text:

PDF

References


Amir, A. (2013). Sastra Lisan Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Andiopenta. (2022). Analisis Struktur, Fungsi, Dan Makna Mantra Penunduk Dan Pelindung Badan Suku Anak Dalam Jambi Kelompok Air Hitam Taman Nasional Bukit Dua Belas Sarolangun Jambi. Jurnal Imiah Dikdaya

Arwan, & Istiqomah. (2021). Analisis Makna Dan Fungsi Mantra Pengobatan Di Desa Kaleo Kecamatan Lambu. Jurnal Ilmiah Mandala Education.

Duija, I Nengah. (2005). Tradisi Lisan, Naskah, dan Sejarah: Sebuah Catatan Politik Kebudayaan. Wacana: Jurnal Pengetahuan dan Budaya. Vol. 7 No. 2. Diakses dari http://wacana.ui.ac.id/index.php/wjhi/ar ticle/view/296.

Endraswara, Suardi. 2008. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: MedPress

Hutomo, Saripan Sadi. (1991). Mutiara yang Terlupakan Pengantar Studi Sastra Lisan. Surabaya: Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia.

Moleong, Lexy J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Saputri, dkk. (2023). Struktur dan Fungsi Mantra Pengobatan di Kenagarian Simpang Tonang Kecamatan Dua Koto Kabupaten Pasaman. Jurnal Unja (Kajian Linguistik dan Sastra)

Siswantoro. (2014). Metode Penelitian Sastra (Analisis Struktur Puisi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sudjiman, P. (1990). Memahami Cerita Rekaan. Jakarta: Pustaka Jaya

Soedjijono. et al. (1987). Struktur Dan Isi Mantra Bahasa Jawa Di Jawa Timur. Jakarta: Depdikbud.

Syam, Christanto. (2010). Pengantar ke Arah Studi Sastra Daerah. Pontianak: FKIP Untan.

Waluyo, H.J. (1987). Teori Dan Apresiasi Puisi. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Widihastuti. (2021). Revitalisasi dan Perubahan Fungsi Sastra Lisan dalam Komunitas Srandul Suketeki. Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA.

Zulfadhli. (2010). Mantra dalam Kesusastraan Minangkabau dan Puisi-Puisi Sutardji Calzoum Bachri: Suatu Analisis Sastra Bandingan.UNP. Jurnal Bahasa dan Seni.




DOI: https://doi.org/10.25077/majis.6.1.143.2024

Refbacks

  • There are currently no refbacks.